About Me

Pusat Informasi dan Pembelajaran Pembangunan Zona Integritas KPPN Singaraja

Tentang Pijar ZI_132


INOVASI KPPN SINGARAJA

PIJAR ZI_132
PUSAT INFORMASI DAN PEMBELAJARAN
Pembangunan Zona Integritas
KPPN Singaraja


ANALISIS MASALAH

Tanggal 10 Desember 2018 di Jakarta, dalam rangkaian peringatan secara nasional Hari Anti Korupsi se-Dunia (HAKORDIA) yang jatuh pada tanggl 9 Desember, KPPN Singaraja secara resmi ditetapkan sebagai salah satu unit berpredikat WBK oleh Menteri PAN & RB setelah melalui proses panjang penilaian oleh TPN (Tim Penilai Nasional). Raihan predikat WBK ini bukan sekedar gelar, namun tentu membawa konsekuensi bagi KPPN Singaraja,  dengan segenap punggawanya untuk terus dapat menjaga integritas dan komitmennya dalam pelayanan kepada publik. Tidak cukup dengan itu ! KPPN Singaraja juga harus mampu menjadi pelopor dan teladan dalam menciptakan zona-zona integritas baru di lingkungannya. KPPN Singaraja harus mampu menebarkan dan menularkan virus-virus positif nilai-nilai integritas kepada unit-unit lainnya terutama stakeholder KPPN Singaraja. Terlebih, di lingkungan unit mitra kerja, KPPN Singaraja saat ini merupakan satu-satunya unit yang telah meraih predikat WBK.

Piagam Unit Berpredikat WBK
dari Kementerian PAN & RB
Ditambah lagi dengan kondisi masih minimnya pengetahuan Satker mitra KPPN Singaraja tentang “Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM” menjadi tantangan tersendiri bagi KPPN Singaraja untuk terus aktif berperan dalam menciptakan zona integritas menuju WBK/WBBM demi terwujudnya pemerintah yang bersih dan bebas KKN.

PENDEKATAN STRATEGIS

Raihan predikat secara nasional ini melengkapi predikat yang sebelumnya telah diraih KPPN Singaraja sebagai unit berpredikat “Zona Integritas Menuju WBK/WBBM” baik secara internal di lingkungan Ditjen Perbendaharaan, maupun oleh Menteri Keuangan melelaui penilaian TPK (Tim Penilai Kementerian) lingkup Kementerian Keuangan.

Ketentuan Perundangan & Dasar Hukum
Pedoman Pembangunan ZI

Sebagai tindak lanjut atas diraihnya predikat WBK tersebut, kini tugas KPPN Singaraja bertambah lagi, yakni menebarkan virus integritas ini kepada unit-unit lainnya. KPPN Singaraja telah menyiapkan pola pembelajaran dan penularan ‘virus’ yang baik ini kepada para Satuan Kerja mitra KPPN Singaraja. Berbagai upaya dilakukan, antara lain dengan memperbanyak brosur/leaflet, pemasangan spanduk dan baliho, dan  menyediakan tempat khusus sebagai sarana belajar dan berdiskusi tentang ZI yaitu Pusat Pembelajaran Pembangunan Zona Integritas KPPN 132.
Panduan dan Buku Saku
Pembangunan Zona Integritas

Disamping upaya-upaya diatas, untuk lebih memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan unit-unit lainnya, KPPN Singaraja juga merancang sebuah inovasi untuk penyebaran virus-virus positif ZI ke unit-unit lainnya yaitu PIJAR ZI_132 yang merupakan akronim dari Pusat Informasi dan Pembelajaran Pembangunan Zona Integritas KPPN Singaraja. PIJAR ZI_132 juga mempunyai makna / filosofis sebagai sebuah lampu penerang (pijar) yang memijarkan / memancarkan cahaya pencerahan bagi unit -unit yang ingin mengetahui proses dalam Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM, sehingga pada akhirnya unit-unit tersebut bisa menjadi unit yang berpredikat WBK/WBBM.
Ruang Khusus Pusat Pembelajaran ZI
KPPN Singaraja

PELAKSANAAN-PENERAPAN

Kegiatan PIJAR ZI_132 adalah memberikan pencerahan kepada unit-unit lain baik melalui kegiatan roadshow dimana KPPN Singaraja datang ke unit-unit terkait untuk memberikan pencerahan tentang pembangunan ZI. Kegiatan juga dilakukan dengan memberikan sosialisasi dengan mengumpulkan/mengundang seluruh satker ke KPPN Singaraja yang biasanya dibarengkan dengan sosialisasi lainnya. Disamping itu, PIJAR ZI_132 juga siap menerima kunjungan tamu dari berbagai unit untuk belajar dan sharing session secara langsung on the spot ke KPPN Singaraja.
Buku Tamu
Edukasi & Sharing Session Pembangunan ZI

Di luar berbagai aktifitas tersebut diatas, agar virus-virus positif ZI ini tersebar secara masif di seluruh dunia, KPPN Singaraja juga telah meluncurkan sebuah blog khusus yang berisi berbagai informasi yang bisa menjadi media/sarana bagi para user untuk belajar mengenai Pembangunan Zona Integritas Menuju WbK/WBBM, yaitu PIJAR WBK_132.

PIJAR WBK_132 sengaja dikemas dalam bentuk blog untuk memudahkan siapapun yang ingin mengetahui informasi mengenai pembangunan ZI pada KPPN Singaraja dengan cara mengakses secara mudah melalui alamat yang telah ditentukan. PIJAR WBK_132 berisi berbagai informasi, dasar hukum, prosedur, komponen penilaian dan berbagai tips dan trik dalam Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.

MANFAAT

PIJAR ZI_132  diharapkan benar-benar menjadi ’pijar’ yang dapat menerangi unit kerja, khususnya satker mitra KPPN Singaraja dan unit kerja manapun pada umumnya dalam membangun Zona Integritas, bisa menjadi pencerah yang turut mengajak menciptakan individu-individu berintegritas yang siap membangun unitnya menjadi sebuah Zona Intergitas. Selanjutanya unit-unit terseut juga bisa menerbarkan virus positif ZI ke unit-unt lainnya, yang pada gilirannya akan bisa memperbanyak dan memeperluas wilayah berzona integritas, sehingga mewujudkan Pemerintah Indonesia yang bersih dan bebas dari KKN bukanlah sekedar mimpi, tapi menjadi kenyataan.
Semoga !

PIJAR ZI_132
Mencerahkan,
Menciptakan Zona Integritas di Lingkungan Kita